Skip to main content

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Cara Cek Garansi Samsung, Syarat Klaim dan Penyebab Garansi Hangus

Apakah Samsung adalah merk android yang saat ini Anda gunakan? Maka sebagai pengguna, Anda wajib tahu bagaimana cara cek garansi Samsung. Memang benar bahwa service center Samsung sudah merata di berbagai wilayah Indonesia, begitu pula dengan layanan after-sales Samsung yang sangat baik.

Tapi masalahnya, banyak hape black market merk Samsung yang masuk ke Tanah Air, yang sudah pasti tidak disertai dengan garansi resmi dari Samsung Indonesia. Artinya, garansi resmi dari service center Samsung tidak bisa diklaim jika hape tersebut mengalami kerusakan. Cukup merugikan, bukan?

1. Cara Cek Garansi Samsung

1.1. Lewat IMEI

Salah satu cara untuk mengetahui apakah hape Samsung Anda mendapat garansi resmi atau tidak dari Samsung Indonesia adalah dengan mengecek nomor IMEI. IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu nomor unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan seluler.

Biasanya IMEI terdiri dari 15 digit angka, dan setiap hape memiliki IMEI yang berbeda-beda meskipun merk dan tipenya sama. Setiap IMEI menyimpan detail lain tentang hape Anda, seperti merek dan model, tahun rilis / tanggal pembuatan hape, dan spesifikasi lainnya.

Secara sederhana, Anda bisa menganggap bahwa IMEI ini adalah KTP dari hape Anda. Anda bisa cek IMEI dengan salah satu dari tiga cara berikut:

  • Dari dus / box: lihat kembali box hape Anda dan temukan tulisan "IMEI". Barisan angka di sebelah kanan tulisan IMEI adalah identitas hape Anda.
  • Dengan kode rahasia: tekan kode *#06# dari menu dial.
  • Dari menu settings: buka menu settings > general > about phone > cari tulisan IMEI

Setelah menemukan nomor IMEI, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Copy paste URL ini ke browser Anda: www.samsungwarrantycheck.com.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang sudah disediakan dan klik “Check”.
  • Informasi detail tentang hape Samsung Anda akan langsung muncul termasuk masa garansi, model, dan sebagainya. Jika tidak ada info tentang garansi, kemungkinan hape tersebut adalah BM (Black Market) / ilegal.

1.2. Hubungi Via Chat / Email / Telepon

Cara cek garansi Samsung selanjutnya adalah dengan menghubungi customer support Samsung via Whatsapp, Anda bisa klik Disini.

Sedangkan untuk live chat, Anda bisa buka http://livechat.support.samsung.com/Customer_new/ID dan isi form yang ada dengan lengkap dan benar, mulai dari nama Anda, nomor hape Anda yang bisa dihubungi, alamat email Anda, hingga serial number dan kode model hape Samsung Anda.

Jangan lupa juga untuk mengisi kolom "Deskripsi masalah", lalu klik "Kirim" jika sudah selesai. Anda akan mendapat balasan setelah beberapa saat, atau bisa juga dibalas ke email Anda.

Jika ingin langsung mengirim pesan via email, Anda juga bisa lakukan dengan klik Disini. Sedangkan untuk cara cek garansi Samsung yang lebih cepat, Anda bisa hubungi via telepon di nomor 0800-112-7777 atau 0800-112-8888 (Nomor kedua bebas biaya).

1.3. Datang ke Service Center

Jika kebetulan Anda memiliki waktu luang, Anda bisa datang langsung ke service center resmi Samsung yang ada di kota Anda. Anda bisa langsung cari alamatnya di internet atau ikuti dua langkah berikut:

  • Buka https://www.samsung.com/id/support/service-center/ dan scroll sedikit ke bawah sampai ada tulisan "Temukan Pusat Layanan".
  • Klik tab "Mobile" dan ketik nama kota Anda di kolom "Cari lokasi", lalu tekan "Enter". Jika tidak ditemukan service center di kota Anda, Anda bisa perluas radius dengan klik 10 KM, 20 KM, 30 KM, atau 50+ KM.

2. Syarat Garansi Samsung Indonesia

Tidak semua kerusakan pada hape Anda bisa diperbaiki secara gratis oleh pihak Samsung. Inilah beberapa syarat dan ketentuan agar Anda bisa mengklaim garansi Samsung tanpa perlu membayar:

  • Masa garansi resmi yang diberikan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia belum habis (1 tahun sejak pembelian kondisi baru). Jika masa garansi sudah habis, Anda tidak bisa melakukan klaim gratis meskipun Anda belum pernah melakukan klaim sebelumnya.
  • Jika Anda membeli hape dalam kondisi bekas yang sudah digunakan lebih dari 1 tahun, maka Anda sudah tidak mendapat jatah garansi meskipun hape tersebut terhitung baru Anda beli.
  • Garansi tersebut benar-benar diberikan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia, bukan pihak lain misalnya konter atau mall, dan garansi ini hanya bisa diklaim di dalam negeri.
  • Jika ingin mengklaim garansi gratis, Anda harus bisa memberikan bukti kartu garansi dan nota pembelian dari hape tersebut.
  • Garansi hanya berlaku jika smartphone Samsung Anda dibeli dari dalam negeri, baik di konter, mall, ataupun lainnya. Jadi jika Anda membeli Samsung dari luar negeri, garansi hanya bisa diklaim di negara asalnya, bukan di Indonesia.
  • Garansi gratis ini hanya bisa dilakukan di service center resmi Samsung, bukan di cuonter.

3. Penyebab Garansi Hangus

Ada perbaikan tertentu yang tidak sepenuhnya gratis meskipun hape Anda masih dalam masa garansi. Inilah beberapa alasanya:

  • Software dan/atau hardware hape Samsung Anda telah dimodifikasi (oleh Anda sendiri ataupun pihak lain), yang menyebabkan ketidak aslian dari perangkat tersebut.
  • Hape Anda mengalami kerusakan karena force majeure (keadaan / kondisi yang tiba-tiba terjadi di luar kemampuan manusia dan menyebabkan kerugian tak terhindarkan), misalnya perang, huru-hara, banjir, kebakaran, tanah longsor, tsunami, dll.
  • Ada kolom kosong di bagian kartu garansi Anda (kartu tidak terisi lengkap), misalnya di bagian model, nomor seri, IMEI, atau lainnya. Jika semua bagian sudah terisi tapi ada yang tidak sama dengan aslinya, misalkan salah dua digit angka, maka garansi juga bisa hangus.
  • Hape Anda sudah pernah dibongkar / dibuka / diperbaiki oleh pihak lain atau teknisi counter yang bukan dari service center resmi Samsung Indonesia, sehingga hape tersebut sudah tidak bersegel.
  • Ada komponen / spare part / bagian tertentu dari hardware hape Anda yang sudah pernah diganti oleh pihak di luar Samsung Indonesia.
  • Kerusakan hape disebabkan oleh kelalaian / kecerobohan / kesalahan Anda sendiri (human error). Misalnya Anda menggunakan hape tidak sesuai dengan manual book, atau Anda sengaja membawa hape saat berenang.
  • Human error yang membuat garansi hangus juga bisa karena ketidaksengajaan, misalnya hape tidak sengaja jatuh dan layarnya pecah, hape terkena air / minuman, terjadi konslet pada listrik rumah padahal hape sedang di charge, hape disimpan di kantong belakang dan tertindih, dll.
  • Jika hape Anda hilang, Anda juga tidak bisa meminta ganti rugi pada pihak Samsung, bahkan jika umur hape tersebut baru 1 minggu atau bahkan 1 hari.

4. Informasi Lainnya

  • Jika ternyata ada komponen hape Anda yang perlu diganti, maka jangka waktunya bisa cepat atau sangat lama (hingga berbulan-bulan) tergantung pada stok komponen.
  • Jika hape masih dalam keadaan bisa dinyalakan saat akan dibawa ke service center, sebaiknya lakukan back up data, karena pihak Samsung tidak akan bertanggung jawab jika ada data yang corrupt atau hilang setelah diservis.

Ada beberapa cara cek garansi Samsung yang bisa Anda coba, semuanya termasuk mudah dan gratis. Tapi sebelum mengklaim garansi, cek dulu ya apakah hape Anda sudah memenuhi syarat klaim garansi dari Samsung Indonesia atau belum. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!